Mengenal Hackintosh -1

Hackintosh berasal dari gabungan dua kata yaitu Hacking + Macintosh yang dapat diartikan sebagai kegiatan Menjalankan/menginstall sistem operasi Mac OS X di hardware keluaran non Apple, hasil kegiatan dari hacking macintosh sendiri telah menghasilkan sebuah sistem operasi Mac OS X yang lebih fleksibel dan bersahabat dengan hardware non-Apple yang biasa disebut Hackintosh.


Kernel Panic (KP) di Hackintosh
Lohh emangnya apa susahnya Install sistem operasi Mac OS X, kan dah make prosesor Intel tidak seperti dahulu saat menggunakan Power PC..??? Berbeda dengan sistem operasi retail seperti Microsoft Windows dan GNU/Linux, sistem operasi Mac OS X bersifat Exclusive, termasuk dalam masalah hardware, jadi menginstall Mac OS X asli (retail) tidak seperti menginstall windows atau GNU/Linux yang tinggal masukin media, boot  next..next..next..Selesai, karena Mac OS X sendiri menggunakan EFI sehingga PC x86  biasa yang masih menggunakan BIOS tidak akan bisa boot dari DVD installer Mac OS X Asli tanpa EFI Bootloader, dan seandainya berhasil Boot pun, besar kemungkinan bisa terjadi Kernel Panic (kalau di Windows disebut Blue Screen) karena perbedaan spesifikasi hardware yang didukung oleh sistem operasi Mac OS X Asli.
Apple MacBook EFI
A. Apakah Hackintosh Legal..???
Hackintosh itu ILEGAL, karena melanggar EULA (End User License Agreement) Apple, berdasarkan EULA Mac OS X (sistem operasi Apple) hanya boleh di install di mesin (hardware) apple (PC,Notebook, Laptop yang dibuat oleh Apple Resmi), jadi kalau mau secara resmi legal menggunakan hackintosh harus membeli hardware apple, hapus semua isinya kemudian install hackintosh :))
Dibalik Logo Apple yang cantik Proses sedang berjalan (verbose mode)
Namun, ada sebuah artikel menarik dimana pernah ditulis, untuk yang berminat dengan Mac OS X dapat berlindung di bawah payung DMCA (Digital Millenium Copyright Act),  di mana di dalam UU ini disebutkan dalam salah satu artikelnya bahwa Mac OS X legal dijalankan  di dalam sebuah komputer yg memiliki logo Apple. Sehingga apabila diperdebatkan, mereka mengklaim bahwa kita cukup membeli license asli dari Apple untuk Mac OS X-nya dan  logo Apple yang dapat kita tempelkan ke pc kita. Lalu apakah dengan semudah ini menjadi legal ?  Tentu saja, ini kembali lagi kepada Apple sendiri. Apabila Steve Jobs menghendaki,  maka semua situs OSX dapat ditutup olehnya. Tetapi kenyataannya tidak,  karena intangible benefits dengan sendirinya akan menjadi salah satu pertimbangan bagi Apple Inc. sendiri.  Semua orang di seluruh dunia akan mengenal Apple dan Mac OS X.
Penampakan Empire EFI
B. EFI Boot Loader
EFI Bootloader adalah sebuah perangkat lunak yang akan menggantikan fungsi EFI pada hardware Apple untuk menjalankan sistem operasi Mac OS X, atau bahasa teknisnya meng-emulasi  BIOS agar bertindak selayaknya EFI . Sehingga dengan EFI Bootloader, kita dapat menginstall OS yang menggunakan EFI, seperti Mac OS X. Jadi dengan menggunakan EFI Bootloader hardware non-Apple dapat boot dari Installer Mac OS X retail,,😀
Berikut beberapa EFI BootLoader
1. Chameleon EFI (favorit ane🙂 )
2. Darwin EFI
3. Empire EFI
4. Pirate EFI
5. IBoot
Chameleon EFI
Pirate EFI X
Berbeda dengan Bootloader sistem operasi microsoft windows yang menjemukan, Hackintosh memiliki bootloader dengan tampilan yang keren, untuk pengguna GNU/Linux dapat menggunakan BURG sebagai bootloader dengan tampilan yang gak kalah keren😀.
iATKOS v7 (Mac OS X 10.5 Leopard)
C. Distro Hackintosh
Mirip dengan istilah yang digunakan pada sistem operasi GNU/Linux, Hackintosh juga menggunakan istilah distro karena banyaknya varian Hackintosh yang telah berhasil diciptakan, masing-masing Distro Hackintosh memiliki kelebihan dan kekurangan. Distro hackintosh sendiri biasanya telah dimodifikasi jeroannya (patch & inject) mulai dari kernel, driver-driver tambahan (kext), sampai membuang-membuang paket-paket aplikasi yang tidak dibutuhkan (biasanya yang dibuang Driver Printer bawaan dan dukungan Bahasa planet :)) ). dengan proses modifikasi tersebut installer distro hackintosh (berupa image DVD), dapat langsung diboot seperti menginstall sistem operasi Windows atau GNU/Linux.
Berikut beberapa nama Distro Hackintosh :
1. iDENEB
2. iATKOS
3. Kalyway
4. Leo4All
5. iPC
6. Hazard
iATKOS S3 v2 (Mac OS X Snow Leopard 10.6)
D. Perangkat Lunak Di Hackintosh
Dapat dipastikan hampir tidak ada masalah dalam hal perangkat lunak pada sistem Hackintosh, jadi bisa dikatakan aplikasi perangkat lunak yang berjalan di Mac OS X asli akan dapat berjalan juga di sistem Hackintosh.
Snow Leopard update 10.6.5

E. Resiko Menggunakan Hackintosh

Selain masalah ilegal, tidak ada masalah berarti yang diakibatkan dari penggunaan Hackintosh, Tapi perlu diketahui beberapa hardware sendiri seperti WiFi tidak bisa berjalan dengan baik atau tidak berjalan sama sekali pada sistem hackintosh, resiko paling sial yang mungkin bisa alami dalam menggunakan Hackintosh adalah kehilangan data karena kekurang hati-hatian pada saat menginstall hackintosh di sistem yang sudah ada data atau sistem operasinya. Oh iya, jika sebuah distro hackintosh berhasil di install dengan sukses disebuah PC/Laptop tidak akan menjamin berhasil juga di install di PC/Laptop lain yang berbeda hardware,😉,  butuh sedikit kerja keras dan keuletan tersendiri dalam menginstall Hackintosh, beberapa orang bahkan baru berhasil menginstall hackintosh di PC/Laptop setelah puluhan kali mencoba😉, dan ketika berhasil dengan sukses akan menjadi sebuah kepuasan tersendiri.😀
Hexley the Platypus maskot Darwin OS (inti Sistem Operasi Mac OS X)
Berawal dengan mencoba Mac OS X for Power PC menggunakan PearPC dan CherryOS, akhirnya saya  Mulai mencoba Distro Hackintosh pertama saya, versi Tiger Mac OS X 10.4, lumayan pada waktu itu langsung cocok dengan hardware PC saya😀, Lumayan menambah sedikit pengetahuan saya tentang sistem operasi. Bagi yang ingin mencoba Hackintosh silahkan,, karena setidaknya setelah membaca tulisan saya, sudah tahu apa itu hackintosh,,,, hehehe😀
Sedikit hal yang perlu diketahui :
Mac OS X bukanlah turunan GNU/Linux dan Distro Hackintosh tidak memiliki hubungan dan keterkaitan dengan distro GNU/Linux, perbedaan ini sama halnya dengan perbedaan antara Microsoft Windows dan GNU/Linux. dan Walaupun GNU/Linux bisa meniru tampilan Mac OS X, Sistem berbasis GNU/Linux tidak akan bisa menjalankan aplikasi yang memang dibuat untuk Mac OSX.  Linux ya Linux,.,,  Mac OS X ya Mac OS X *dibaca makosek :))

Lebih Lanjut tentang Mac OS X Kernel/Darwin OS 
http://www.opensource.apple.com/

Daftar Pustaka :
http://yuanlukito.com/2011/04/08/apa-itu-hackintosh/, 16/05/2011
http://wiki.osx86project.org/wiki/index.php/Knowledge_Base ,16/05/2011
http://www.insanelymac.com/forum/index.php/…./…/, 16/05/2011
http://www.apple.com/legal/sla/ , 16/05/2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: